Selasa, 15 Maret 2011

Tren Pengguna Internet Mobile di Indonesia

Seperti yang sudah kita ketahui, kualitas jaringan internet di Indonesia masih kalah bila dibandingkan dengan negara-negara lain, katakanlah tetangga kita Malaysia atau Singapura. Namun, hal tersebut tidak membuat minat masyarakat Indonesia untuk mengakses internet semakin menurun, bahkan justru semakin meningkat dari waktu ke waktu. Bukan hanya untuk internet yang diakses dari Desktop, pertumbuhan internet mobile (yang diakses dari gadget seperti Handphone, Smartphone ataupun Tablet) juga cukup pesat. Dalam kesempatan kali ini, saya akan memberikan sebuah statistik menarik yang diambil dari situs Opera (www.opera.com) yang menampilkan statistik pengguna internet mobile di dunia. Data yang diambil disini adalah pengguna internet mobile, yang menggunakan aplikasi Opera Mini dan Opera Mobile untuk menjelajah web.



Menurut data statistik yang ada, pengguna internet mobile yang menggunakan aplikasi Opera Mobile semakin meningkat. Hingga awal tahun 2011 saja, pengguna internet mobile sudah mencapai 100 Juta pengguna di seluruh dunia. Rinciannya, 90 Juta pengguna mengakses internet secara mobile menggunakan browser Opera Mini, sedangkan sekitar 15 Juta sisanya menggunakan Opera Mobile. Hal tersebut mengindikasikan bahwa internet sudah menjadi kebutuhan primer bagi banyak orang saat ini, bahkan dalam keadaan mereka sedang tidak dirumah pun, mereka masih mengakses internet melalui perangkat mobile mereka. Jika menelaah statistik tersebut lebih lanjut, di bulan Januari 2011 saja transfer data internet mobile sudah mencapai 804 Juta MB, atau sepuluh kali lipat dari data online yang dimiliki oleh perpustakaan negara Amerika Serikat. Sebuah jumlah yang cukup mencengangkan.

Bagaimana dengan Indonesia sendiri? Seperti yang sebelumnya sudah saya katakan, kualitas provider internet (khususnya mobile) di Indonesia masih jauh dibawah standar. Namun, Indonesia boleh sedikit berbangga, karena pada Januari 2011 lalu, Opera mencatat bahwa jumlah pengguna internet mobile di Indonesia berada di urutan kedua jumlah pengguna internet mobile terbanyak seluruh dunia dibawah Rusia. Jika dilihat dari statistik tahun sebelumnya, sebenarnya hal ini merupakan penurunan peringkat, karena pada pertengahan 2010 lalu, Indonesia sempat mengalahkan Rusia dan menempati urutan pertama jumlah pengguna internet mobile di dunia. Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk, memang hal ini merupakan sebuah hal yang wajar, karena toh jumlah penduduk Indonesia memang cukup banyak, mencapai 250 Juta penduduk.



Tentu saja, untuk kawasan Asia Tenggara, Indonesia masih menempati peringkat pertama pengguna internet mobile dengan peningkatan jumlah pengguna sekitar 29% dalam satu tahun. Dari daftar situs yang sering dikunjungi, Facebook menempati urutan pertama, diikuti dengan Google di urutan kedua dan detik di urutan ketiga. Berikut ini adalah daftar lengkapnya:
1. facebook.com
2. google.com
3. detik.com
4. youtube.com
5. twitter.com
6. wapdam.com
7. yahoo.com
8. wikipedia.org
9. kaskus.us
10. 4shared.com

Apa yang menyebabkan pengguna internet mobile di Indonesia cukup tinggi? Berikut ini adalah beberapa alasannya:
1. Kebutuhan akses ke jejaring sosial yang cukup tinggi. Ya, seperti yang kita ketahui, Indonesia adalah pengguna Facebook terbesar seluruh dunia, dan tentu pengguna Facebook tersebut bukan hanya dari internet desktop, melainkan juga dari mobile. Belum lagi pengguna Foursquare, Twitter, dan Koprol yang membutuhkan internet mobile untuk selalu melakukan update dimanapun mereka berada.
2. Pertumbuhan Smartphone yang cukup pesat. Dengan pertumbuhan smartphone yang cukup pesat ini, akses internet mobile juga semakin banyak, dan juga tentu semakin cepat lewat jaringan yang disediakannya, seperti HSDPA, EVDO dan 3G. Belum lagi penggunaan smartphone yang dibekali aplikasi khusus untuk mengakses jejaring sosial seperti Facebook for Android, Social Scope, Facebook for Blackberry dan sebagainya.
3. Tarif internet mobile yang semakin murah. Bayangkan, hanya dengan mengeluarkan uang Rp 50.000 saja, seseorang bisa mendapatkan kuota internet 2GB. Tentu, kuota ini cukup besar untuk internet mobile mengingat satu halaman web mobile rata-rata hanya memiliki ukuran file sekitar 4 KB. Selain itu, beberapa provider yang memberikan service gratis untuk mengakses satu situs tertentu (seperti 0.facebook.com) juga turut menambah pengguna internet mobile di Indonesia.

Website harus Go Mobile!



Dengan semakin pesatnya pertumbuhan internet mobile ini, maka mau tidak mau website juga harus go-mobile agar website tersebut bisa terus diakses dengan nyaman lewat mobile sekalipun. Selain karena pengguna internet mobile semakin besar, ada beberapa alasan lain mengapa sebuah website harus go mobile, antara lain:
1. Website biasa tidak akan nyaman bila diakses dari handphone atau smartphone. Jika sebuah website sudah tidak nyaman bila diakses dari perangkat mobile, maka tentu banyak orang yang enggan mengakses website tersebut bukan?
2. Sebagian orang membutuhkan akses web mobile setiap hari. Sudah saya jabarkan seluruhnya diatas, bahwa pengguna internet mobile di Indonesia merupakan pengguna terbanyak kedua di dunia. Bahkan, 1/5 warga Amerika Serikat lebih sering mengakses web mobile daripada web desktop biasa.
3. Diperkirakan, intensitas akses mobile web akan melebihi intensitas akses web dari desktop dalam kurun waktu 5 tahun mendatang.
4. User internet mobile rata-rata menghabiskan 13 jam seminggu untuk mengakses mobile web.
5. Diperkirakan ada sekitar 2 miliar ponsel diseluruh dunia, dan lebih dari US $ 2 Milyar dikeluarkan orang untuk membeli perangkat mobile dalam satu tahun.


Pangsa Pasar Mobile di Indonesia



Pangsa pasar mobile di Indonesia juga besar, dan hal tersebut berdampak langsung pada pengguna internet mobile di Indonesia. Berikut ini penjelasannya:
• Ada 209 juta pelanggan handphone di Indonesia (3,5 kali lebih besar daripada pengguna Internet)
• Diprediksikan untuk 5 tahun ke depan terdapat perkembangan rata-rata sebesar 13,42% untuk jumlah pelanggan handphone di Indonesia, atau sekitar 392 juta pelanggan mobile di Indonesia pada tahun 2015
• 80% handphone yang dijual di Indonesia sudah dapat mengakses Internet
• Ada lebih dari 12 juta pengguna 3G di Indonesia (3,5 kali lebih banyak dari pengguna broadband)
• Anak muda (17-24 tahun) Indonesia lebih sering menggunakan perangkat mobile untuk mengakses Internet daripada menggunakan komputer, laptop, atau warung Internet
• Indonesia menempati urutan kedua di dunia untuk intensitas browsing Internet melalui perangkat mobile, 633 halaman per bulannya/orang

Tidak ada komentar: